Kantor Konsulat Jendral KJRI Jeddah Dibakar TKI Yang Marah

Ditulis oleh: -
Kantor Konsulat Jendral KJRI Jeddah Dibakar TKI Yang Marah ~ Rupanya aksi demonstrasi dengan kekerasan tidak hanya di Indonesia, Hari Minggu kemaren Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, yang berada di Jalan Al Rehab Distrik dibakar sekelompok orang.

Aksi pembakaran kantor KJRI Jeddah ini dilakukan oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah yang menginginkan amnesti atau pemutihan.
Kantor Konsulat Jendral KJRI Jeddah Dibakar TKI Yang Marah
Anggota Komisi IX DPR RI Poempida Hidayatulloh menyayangkan aksi pembakaran oleh TKI itu. Dia menduga, aksi itu adalah puncak amarah TKI yang statusnya tidak jelas.

“Baru saja dua minggu yang silam saya menanyakan pada Raker Komisi IX dengan Menakertrans tentang proses amnesti bagi TKI yang överstay”di Saudi Arabia. Minggu lalu saya juga menanyakan kepada BNP2TKI hal yang sama saat pembahasan APBN-P 2013,” tukas Poempida, Senin (10/6/2013).

Pihaknya, lanjut Poempida juga telah melaporkan adanya 300-an TKI yang nasibnya terkatung-katung di Saudi Arabia.

Sayangnya, respon yang tegas tidak kunjung datang dari kedua lembaga yang berwenang dalam masalah TKI ini.

“Sepengetahuan saya, demo TKI di KJRI sudah terjadi beberapa bulan terakhir ini. Kalau sampai terjadi pembakaran KJRI berarti puncak amarah mereka yang statusnya tidak jelas,” tukasnya.

Untuk diketahui, kantor KJRI RI di Jeddah, Arab Saudi yang berada di Jalan Al Rehab Distrik dibakar TKI. Peristiwa itu terjadi Minggu 9 Juni 2013 pukul 18.40 WIB.

Penyebab Pembakaran KJRI Jeddah
Sebelum terjadi pembakaran, TKI bermasalah mengantre untuk mengurus Surat perjalanan Laksana Parpor(SPLP) sebagai syarat mendapatkan paspor dan izin kerja tinggal atau identitas diri (Iqoma).
Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi menyulut aksi mereka itu. Yang jelas saat mengantre itu kondisi suhu panas sangat terik.

Diduga pembakaran KJRI Jeddah ini karena masalah waktu yang sangat lama dalam pengurusan dokumen. Para TKI telah mengurus amnesti sejak bulan Mei kemaren. Jadi aksi pembakaran kantor KJRI Jeddah ini lebih merupakan sebagai bentuk kekecawaan para TKI yang telah memuncak.

sindonews.com | mafiaberita.com
Kantor Konsulat Jendral KJRI Jeddah Dibakar TKI Yang Marah
Kantor Konsulat Jendral KJRI Jeddah Dibakar TKI Yang Marah ditulis Oleh Blogtainment News pada 2013-06-10T09:39:00+07:00 dengan rating 4 oleh 305 voters on MafiaBerita.Com.

0 comments "Kantor Konsulat Jendral KJRI Jeddah Dibakar TKI Yang Marah", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment